Sabtu, 05 November 2011

Menguak Istilah CBU & CKD

DALAM dunia otomotif istilah CBU dan CKD kerap dipakai oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) saat memperkenalkan produknya. Tetapi apakah Anda mengetahui arti dari istilah tersebut? Jika belum, simak ulasan berikut ini.

CBU yang merupakan kependekan dari Completely Build Up adalah kendaraan yang secara keseluruhannya merupakan hasil Build-Up (rakitan) dari manufaktur orisinilnya. Istilah ini di Indonesia berkaitan dengan kebijakan pemerintah lokal untuk secara bertahap memproduksi mobil sendiri.

Tahapannya adalah dengan membangun pabrik-pabrik perakitan dan suku cadang lokal secara bertahap, sehingga muncul istilah-istilah seperti assembling, hasil rakitan lokal.

Lalu bagaimana dengan CKD atau lengkapnya Completely Knocked-down. Disini semua komponen kendaraan masih dalam bentuk lepas atau terpisah yang nantinya akan dirakit oleh ATPM lokal. Cara ini dinilai mampu menekan biaya produksi yang akan berimbas ke harga penjualan.

Contoh kendaraan CBU seperti Ferrari yang secara utuh didatangkan langsung dari negara asalnya di Italia yang di jual di Indonesia. Sementara contoh kendaraan CKD seperti Hyundai Grand Avega yang sebagian besar komponennya didatangkan langsung dari Korea dan dirakit hingga menjadi sebuah mobil untuk kemudian dijual di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar