Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan olehPT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta.
Desain dan Manufaktur
Mobil kancil direncanakan, dirancang, didisain, dan dikembangkan dengan beberapa komponen yang dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri, dan Politeknik Mekanik Swiss (sekarang POLMAN) Bandung untuk sistem Front knuckle arm. Verifikasi dan pengujian konstruksi dilakukan di Laboratorium Dinamika Pusat Antar Universitas, Institut Teknologi Bandung.
Mesin dibuat oleh Fuji Heavy Industries, pabrikan pembuat mobil Subaru, Jepang.Rear Axle dibuat oleh Fuji Machinery, juga dari Jepang. Transmisi otomatis (CVT, Torque Converter) dibuat oleh Huffco-Comet, Amerika Serikat. Sedangkan panel fiberglass body dibuat oleh PT. Induro, Tangerang.
Kelayakan
Mobil KANCIL memenuhi syarat layak jalan dari Departemen Perhubungan setelah memenuhi dan melalui beberapa syarat pengujian. Begitu juga wewenang untuk membuat Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dimiliki oleh PT. KANCIL. NIK (dalam bahasa Inggris: Vehicle Identification Number) sangat penting untuk dapat diakui oleh instansi kepolisian sebagai dasar pembuatan BPKB dan STNK.
Specifikasi
Dimensi Utama (panjang x lebar x tinggi) : 2.800 x 1.385 x 1.720 mm.
Wheel base - 2.100 mm.
Thread - 1.200 mm.
Berat kotor kendaraan - 850 kg.
Radius putar : 4,5 m.
Mesin : bensin, 1 silinder, 404 cc, 4 langkah, EH41 DUS.
Tenaga maksimum : 13,5 hp (3.600 rpm).
Torsi maksimum: 28,4 Nm (2.500 rpm).
Transmisi : Continuous Variable Transmission (CVT) rasio tertinggi 0,6 : 1, rasio terendah 3,4 : 1.
Steering : Rack & Pinion Gear.
Suspensi depan : Double control arm, transverse single leaf spring, hydraulic shock absorber.
Suspensi belakang : Trailing arm, Coil spring, hydralic shock absorber.
Rear Axle : Rigid Transaxle, Differensial final ratio 10,7 : 1 dengan reverse gear.
Sistem rem : Drum brake, 2 hydraulic circuits.
Battery : 12 V 24 Ah.
Tire : 5.00-10, 6PR.
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 20 liter.
Kecepatan (maks) : 58 km/jam.
Daya tanjak : 51 % (26,9 derajat).
Percepatan 0-50 km/jam (beban penuh) : 15,1 detik
Jarak pengereman dari 35 km/jam (beban penuh) : 9,2 m dalam 1,7 detik.
Mobil kancil direncanakan, dirancang, didisain, dan dikembangkan dengan beberapa komponen yang dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri, dan Politeknik Mekanik Swiss (sekarang POLMAN) Bandung untuk sistem Front knuckle arm. Verifikasi dan pengujian konstruksi dilakukan di Laboratorium Dinamika Pusat Antar Universitas, Institut Teknologi Bandung.
Mesin dibuat oleh Fuji Heavy Industries, pabrikan pembuat mobil Subaru, Jepang.Rear Axle dibuat oleh Fuji Machinery, juga dari Jepang. Transmisi otomatis (CVT, Torque Converter) dibuat oleh Huffco-Comet, Amerika Serikat. Sedangkan panel fiberglass body dibuat oleh PT. Induro, Tangerang.
Kelayakan
Mobil KANCIL memenuhi syarat layak jalan dari Departemen Perhubungan setelah memenuhi dan melalui beberapa syarat pengujian. Begitu juga wewenang untuk membuat Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dimiliki oleh PT. KANCIL. NIK (dalam bahasa Inggris: Vehicle Identification Number) sangat penting untuk dapat diakui oleh instansi kepolisian sebagai dasar pembuatan BPKB dan STNK.
Specifikasi
Dimensi Utama (panjang x lebar x tinggi) : 2.800 x 1.385 x 1.720 mm.
Wheel base - 2.100 mm.
Thread - 1.200 mm.
Berat kotor kendaraan - 850 kg.
Radius putar : 4,5 m.
Mesin : bensin, 1 silinder, 404 cc, 4 langkah, EH41 DUS.
Tenaga maksimum : 13,5 hp (3.600 rpm).
Torsi maksimum: 28,4 Nm (2.500 rpm).
Transmisi : Continuous Variable Transmission (CVT) rasio tertinggi 0,6 : 1, rasio terendah 3,4 : 1.
Steering : Rack & Pinion Gear.
Suspensi depan : Double control arm, transverse single leaf spring, hydraulic shock absorber.
Suspensi belakang : Trailing arm, Coil spring, hydralic shock absorber.
Rear Axle : Rigid Transaxle, Differensial final ratio 10,7 : 1 dengan reverse gear.
Sistem rem : Drum brake, 2 hydraulic circuits.
Battery : 12 V 24 Ah.
Tire : 5.00-10, 6PR.
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 20 liter.
Kecepatan (maks) : 58 km/jam.
Daya tanjak : 51 % (26,9 derajat).
Percepatan 0-50 km/jam (beban penuh) : 15,1 detik
Jarak pengereman dari 35 km/jam (beban penuh) : 9,2 m dalam 1,7 detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar